Minggu, 25 Januari 2015

Taman Mini Dalam Pot (Edisi: Simple)

Taman mini (dish-plant atau dish garden) adalah taman yang di buat di dalam pot dengan memadukan elemen-elemen yang juga berukuran kecil namun tidak kehilangan unsur artistiknya. Selain menyegarkan dan menyejukkan ruangan, taman mini sekaligus juga menyerap polutan serta merupakan hiasan yang unik. Kelebihan lain dari taman mini dalam pot ini adalah tidak memerlukan tempat yang luas, mudah dipindah-pindahkan dan pemeliharaannya relatif mudah.
Let’s make it friends !!
Bahan 
  • Pot tanaman → umumnya memiliki area yang luas dan tidak dalam. Antara 5 – 15 cm. Atau dapat juga menggunakan pot untuk bonsai. 
  • Pecahan batu-bata atau genteng → sebagai penyerap kelebihan air pada media tanam sehingga media tanam tidak lembab dan mengundang penyakit tanaman.
  • Medium atau tanah → tanah kompos yang berwarna hitam. 
  • Tanaman → Tanaman adalah bagian penting dalam pembuatan taman dalam pot. Sebaiknya dipilih tanaman yang lambat dalam hal pertumbuhan dan memiliki persamaan dalam hal kebutuhan air, suhu dan cahaya. @ Taman mini bertemakan gurun pasir, maka tanaman yang kita pakai sejenis kaktus. 
  • Hiasan atau aksesori → ditambahkan untuk mempercantik penampilan taman mini dalam pot atau memperkuat tema desain yang dirancang, dapat berupa boneka, pasir atau batu berwarna maupun unsur-unsur lainnya.

Cara Pembuatan:
  1.  Menentukan tema → tema yang kita tentukan akan mempengaruhi bahan-bahan yang kita siapkan.
  2. Menyusun pecahan batu-bata atau genteng di dasar pot.
  3. Memasukan medium atau tanah → sebaiknya antara pecahan dengan medium dialasi dengan kain nilon, agar medium atau tanah tidak turun. Dapat dibuat gundukan tanah menyerupai perbukitan untuk memperkuat tema yang kita buat.
  4. Meletakkan Tanaman. Ambil tanaman dari pot tempat tumbuhnya dengan hati-hati dan goyangkan pelan-pelan agar kelebihan tanah bisa terbuang. Daun tua bisa digunting untuk memperindah penampilan dan akar yang terlalu lebat bisa digunting untuk mengontrol pertumbuhan tanaman. Gunakan pencungkil untuk membuat lubang pada media tanam kemudian tanamlah tanaman mini sesuai dengan desain yang telah dibuat dan padatkan media tanam di sekitarnya. 
  5.  Jangan lupa menambahkan hiasan untuk memperkuat tema yang kita buat.

Good Luck !! 



 

1 komentar: